Jumat, 08 Oktober 2010

OTOMATISASI KANTOR

OTOMATISASI KANTOR
Oleh : Lily Wulandari

Otomatis kantor adalah penggunaanmesinuntukmenjalankantugasfisik yang biasa dilakukan oleh manusia.
Otomatisasi kantor( office automation atauoa) adalah semua system elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan.

1. Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.
2. Asal mula otomatisasi kantordiawal1960-an, ketikaIBM menciptakan istilahword processing untuk menjelaskan kegiatan divisimesintiklistriknya.
3. Buktinyata, padatahun1964, IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/SelectricTypewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetic secara otomatis

Sistem Elektronik Formal dan Informal.
Beberapa system OA direncanakan secara formal, dan mungkin didokumentasikan dgn suatu prosedur tertulis, miripSIM. Namun, sebagian besar sistem OA tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis, miripDSS.

􀁺Komunikasi Informasi.
Kata kunci yang membedakan OA dengan sub sistem CBIS lain adalah komunikasi.
OA dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi, baik lisan maupun tertulis.





􀁺Orang-orang di Dalam dan di Luar Perusahaan.
Sistem OA masa kini memudahkan komunikasi tidakhanya diantara orang-orang didalam perusahaan, tetapi juga dengan orang lain dilingkungan perusahaan


Otomatisasikantor( oa) digunakan oleh semua orang yang bekerja didalam kantor. Pada dasarnya ada empat kategori pemakai oa, yaitu:
1. Manajer
2. Profesional
3. Sekretaris
4. Clerical employee ( klerk)
Istilah“knowledge worker”diterapkan pada manajer dan profesional, yaitu orang yang memberikan sumbangan pengetahuannya terhadap aktivitas perusahaan PENGGUNA OTOMATISASI KANTOR


􀁻Manajer adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama SDM.

􀁻Profesional tidak mengelola orang, tetapi menyumbangkan keahlian khususnya (mis. Pembeli, wiraniaga, danasistenstaff khusus). Manajer dan professional secara bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.

􀁻Sekretaris bisanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas seperti menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengaturj adwal pertemuan.

􀁻Pegawai administrative melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen, menyimpan dokumen dan mengirimkan surat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar